Buah Buahan yang Mengandung Vitamin C

Buah Buahan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena berfungsi memelihara sel-sel, memperbaiki sel yang rusak serta berperan dalam menjaga sistem imun. Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat membuat vitamin C sehingga mengkonsumsi makanan dan vitamin yang mengandung vitamin C. Sumber vitamin C sendiri sangat beragam, mulai dari buah-buahan hingga sayuran. Mengkonsumsi buah buahan yang mengandung vitamin C sangat baik meskipun kadang rasanya asam. 

Apa saja buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi? 

Buah Buah yang Banyak Mengandung Vitamin C

  1. Blackcurrant 

Buah blackcurrant dari distributor buah segar memiliki jumlah vitamin C sebesar 181 mg dalam 100 gram porsinya. Selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah yang berasal dari Eropa ini juga kaya akan vitamin C, vitamin A, serta antioksidan seperti lutein, antosianin, zeaxanthin dan flavonoid yang sangat penting bagi kesehatan mata. Blackcurrant juga bisa memperlancar pencernaan, mengontrol tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol. 

  1. Lemon 

Lemon mengandung vitamin C sebesar 53 mg dalam 100 gram porsinya. Agar bisa mendapatkan manfaat lemon bagi kesehatan, anda bisa mengonsumsinya langsung, mencampukannya dengan minuman seperti air putih, teh dan bahan lainnya. Lemon juga bermanfaat bagi kulit wajah. Lemon punya antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kulit dari tanda-tanda penuaan dini akibat radikal bebas. 

  1. Blewah 

Blewah mengandung vitamin C sebesar 36,7 mg dalam 100 gram. Blewah mengandung berbagai nutrisi penting lainnya seperti karoten, vitamin B kompleks, zeaxanthin, zat besi, vitamin K, vitamin E, selenium dan antioksidan. Karena kandungan nutrisi yang sangat melimpah, blewah juga punya banyak manfaat lainnya seperti mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan kulit, sembelit serta menjaga kesehatan mata. 

  1. Tomat 

Tomat mengandung vitamin C sebesar 23 mg dalam 100 gram. Selain mengandung vitamin C, tomat juga dikenal dengan kandungan vitamin A yang melimpah. Tomat yang bagus untuk dikonsumsi adalah tomat yang warnanya merah karena kandungan vitaminnya lebih banyak kalau dibandingkan dengan yang hijau. Warna merah menandakan bahwa tomat mengandung banyak lycopene, antioksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas dalam tubuh karena rokok, polusi serta sinar ultraviolet. 

  1. Jambu Biji 

Jambu biji mengandung vitamin C sebesar 228,3 mg dalam 100 gram. Buah tropis berwarna merah muda ini asalnya dari Meksiko dan Amerika Selatan. Studi yang melibatkan 45 orang masih muda dan sehat ditemukan bahwa mengkonsumsi 400 gram jambu biji yang dikupas per hari atau 7 buah ini mampu menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol total mereka. 

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

NoManfaat Vitamin C untuk Kesehatan
1Meningkatkan kekebalan tubuh 
2Menjaga kesehatan penglihatan
3Menjaga kesehatan jantung 
4Menangkal radikal bebas
5Mencegah perkembangan penyakit kronis 
6Mencegah kekurangan zat besi
  1. Kiwi 

Kiwi mengandung vitamin C sebanyak 93 m dalam 100 gram. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah Kiwi yang kaya vitamin C dapat membantu mengurangi stress oksidatif, menurunkan kadar kolesterol serta meningkatkan imunitas tubuh. Studi yang dilakukan pada 30 orang sehat berusia 20-51 tahun ditemukan bahwa mengkonsumsi 2-3 kiwi setiap hari selama 28 hari bisa menurunkan trigliserida sebesar 15%. Ini bisa mengurangi resiko pembekuan darah serta stroke. Studi lainnya pada 14 pria yang kekurangan vitamin C menemukan bahwa mengkonsumsi dua buah kiwi setiap hari selama 4 minggu bisa meningkatkan aktivitas sel darah putih sebesar 20%. Kadar vitamin C dalam darah menjadi normal satu minggu kemudian. 

  1. Cabai 

Cabai mengandung vitamin C sebanyak 242,5 mg dalam 100 gram. Selain kaya dengan kandungan vitamin C, cabai kaya akan capsaicin, senyawa yang menciptakan rasa pedas pada cabai. Capsaicin bisa mengurangi rasa sakit akibat inflamasi atau pembengkakan. Beberapa bukti menunjukkan bahwa satu sendok makan bubuk cabai merah bisa membantu membakar lemak. 

  1. Strawberry 

Strawberry dari supplier buah import mengandung campuran vitamin C, mangan, folat, flavonoid serta antioksidan yang bermanfaat lainnya. Penelitian menunjukkan karena kandungan antioksidannya tinggi maka strawberry bisa membantu mencegah kanker, demensia, penyakit pembuluh darah serta diabetes. 

  1. Pepaya 

Papaya mengandung vitamin C sebanyak 61 mg dalam 100 gram. Kandungan vtamin C dalam papaya juga membantu memori serta memiliki efek anti inflamasi yang kuat. Dalam penelitian yang melibatkan 20 orang dengan Alzheimer ringan diberi ekstrak papaya pekat dalam waktu enam bulan. Hasilnya adalah penurunan peradangan serta pengurangan stress oksidatif sebesar 40%. 

  1. Jeruk 

Ini adalah buah yang sangat dikenal mengandung banyak vitamin C. Ada 53 mg vitamin C dalam 100 g jeruk. Jeruk menjadi bagian penting dari asupan vitamin C harian. Buah jeruk lainnya juga bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda seperti jeruk Bali, jeruk mandarin dan jeruk nipis. 

  1. Leci 

Kandungan vitamin C pada buah leci cukup besar yaitu 71,5 mg dalam 100 g porsinya. Selain tingginya kandungan vitamin C pada leci, buah ini juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat bagi jantung, otak dan pembuluh darah. Kandungan vitamin C pada leci dikenal karena perannya dalam sintesis kolage serta kesehatan pembuluh darah. Studi pada 196.000 orang menemukan bahwa mereka dengan asupan vitamin C paling tinggi mengalami penurunan resiko stroke sebesar 42%. Dapatkan buah leci di supplier buah Jakarta

FAQ 

Vitamin C itu untuk apa?

-Vitamin C adalah vitamin yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat jaringan tubuh, dan mempercepat pemulihan saat sakit. Vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jantung. 

Buah apa yang mengandung vitamin C tinggi?

-Buah yang mengandung vitamin C tertinggi adalah jambu biji. Buah berbau harum tersebut mengandung sekitar 200 mg vitamin C per 100 gram, jauh lebih tinggi dari jeruk yang hanya 53 mg. Termasuk dalam buah-buahan tropis, jambu biji bisa tumbuh sangat baik di Indonesia.

Keranjang Belanja
Scroll to Top
Scroll to Top